Empat Mahasiswi Thailand Kuliah di UPS Tegal

TEGAL, – Kerjasama pendidikan dengan sejumlah perguruan tinggi di negara-negara ASEAN, kini mulai membuahkan hasil. Salah satunya, empat warga negara Thailand, kini berkuliah di Universitas Pancasakti (UPS) Tegal. Mereka adalah empat mahasiswi dari Hatyai University Thailand, dan akan menjalani kuliah lewat Sit In Programe, sesuai dengan prodi yang ada di perguruan tinggi Negeri Gajah Putih tersebut. 

”Ini merupakan bagian dari tindaklanjut kerjasama pertukaran mahasiswa yang sudah berlangsung cukup lama dengan sejumlah perguruan tinggi ternama di Thailand. UPS Tegal sebelumnya juga sudah sering mengirimkan mahasiswanya ke perguruan tinggi di Thailand, dan sekarang mereka giliran mengirimkan mahasiswinya untuk menimba ilmu di perguruan tinggi kami,” terang Rektor UPS Tegal Dr Burhan Eko Purwanto MHum, didampingi Kepala Kerjasama Urusan Internasional perguruan tinggi itu, Dr Yoga Prihatin MPd. 

Keempat mahasiswi itu, tiba di Indonesia sejak Sabtu (30/3), kemudian menginap sehari di Jakarta, selanjutnya Minggu petang sudah sampai di Kota Tegal. Selanjutnya pihak rektorat melakukan penyambutan pada Senin (1/4). Keempat mahasiswi itu adalah, Sakina Sunmud dari Prodi English Education, Napasorn Chinapatpakhin, Tuanrusnee Suaesoh, dan Fateehah Meena dari Prodi Tourism Industry Didyasarin Internasional College Hatyai University Thailand.

Luar Kampus

Selama lebih dari sepekan mengikuti Sit in Class, empat mahasiswi asing tersebut, juga melakukan kegiatan di luar kampus dan pertukaran seni dan budaya. Untuk kegiatan luar kampus, selain akan mengunjungi sejumlah objek wisata, juga sejumlah industri di Kota Tegal dan sekitar.

Juga ada wisata kuliner dan pengenalan seni budaya khas dari Tegal dan sekitar, juga dari Thailand. Di sisi lain, program pertukaran mahasiswa tersebut juga kian menguatkan kualitas kelas internasional yang telah dibuka di perguruan tinggi tersebut.

”Dengan adanya pertukaran mahasiswa ini, selain menunjukkan standar perkuliahan di UPS Tegal sudah dapat jadi bahan perbandingan perguruan tinggi luar negeri. Selain itu, nama Kota Tegal dan sekitar juga kian dikenal di negara-negara ASEAN, seperti warga Thailand,” terang Dr Burhan Eko Purwanto MHum.

Sementara itu, Dr Yoga Prihatin MPd menambahkan, dalam waktu dekat, ada lima mahasiswa dari The Philippines University, Manila, yang akan berkuliah di UPS Tegal. Mereka akan masuk kelas internasional lewat program Sit In.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like these

https://asalbet88.site/